gabemahita

Hamil kedua, Menjelang minggu 40 (Late post)

Posted on: July 29, 2015


Saat ini umur kandunganku sudah memasuki 40 minggu. Sesekali rasa mules seperti haid sudah mulai aku rasakan. Ada firasat dan keinginan bahwa aku akan melahirkan lebih cepat, mungkin saja minggu depan. Hal ini juga aku bicarakan kepada janinku baik itu dalam hati maupun ngomong secara verbal (konyol memang :D). Seperti postinganku sebelumnya, hal-hal indah aku bayangkan ketika aku melahirkan nanti. Seperti dapat melahirkan lebih cepat dan mudah dengan rasa sakit yang lebih ringan dibanding kelahiran anak pertamaku dulu, kemudian melakukan IMD yang lebih lama dan intim dengan semua proses IMD yang sepatutnya tidak dilewatkan.

Untuk mencapai proses melahirkan yang mudah dan lancar serta dapat mengurangi sakitnya, aku sudah banyak membaca soal hypnobirthing, relaksasi, induksi alami (pijat endhorpin, stimulasi payudara, berhubungan suami istri, dll), dan olahraga seperti jalan kaki. Semua tentang itu tidak bosan aku baca. Prakteknya sudah sering aku lakukan demi tercapainya keinginan persalinan yang normal. Relaks dan percaya diri saat ini menjadi tujuan utamaku. Ketika kontraksi palsu menghadang, aku dapat latihan untuk rileks dan mensugesti diriku untuk memikirkan hal-hal yang indah demi berkurangnya rasa sakit. Di rumah juga hampir tiap hari aku minta dibelai-belai (pijat endorphin) oleh suami hehe. Rasanya enak dan rileks.

Hari ini, tanggal 2 Juni 2015, sehari menuju HPL yaitu tanggal 3 Juni 2015, sama sekali belum ada tanda-tanda akan melahirkan. Aku Cuma merasa mules sesekali, keputihan, BAK dan BAB lebih sering. Terus terang hati dan pikiran sudah mulai gundah. Aku perbanyak bicara dengan bayi di dalam dan berdoa, supaya semua sehat-sehat, kapanpun bayi ingin lahir. Aku selalu mencoba untuk berpikir positif dan menyemangati diriku dengan membaca berbagai artikel dan testimoni ibu-ibu lainnya yang aku dapat dari inernet. Berjalan kaki pagi dan sore, jongkok berdiri, ML dengan suami,mandi air hangat, makan nenas dan pedas masih aku lakukan demi tercapainya induksi alami. Ahh…semoga tidak terjadi apa-apa. Toh melahirkan sampai 42 minggu juga masih bisa ditolerir. Ayo,dedek bayi, cari jalan ya,sayang, yuk cepat-cepat ketemu mama, bapak dan kak Cilo. O iya, tidak ketinggalan, sayur bangun-bangun di belakang rumah udah ada yg mulai menguning karena semakin tua hehe. Ya, mama percaya kamu,nak.

Leave a Reply

