gabemahita

Hamil ke-dua, memasuki minggu ke 35

Posted on: April 23, 2015


Puji Tuhan, hamil ke dua ini adalah laki-laki, jadi lengkap sepasang, mudah2an sehat-sehat. Sejak hamil kedua, berasa diri jadi pemalas, termasuk update blog ini. Baru sekarang tergerak untuk membagi keinginan dan cita-cita setelah melahirkan nanti. Di dalamnya termasuk keinginan untuk lahiran normal lagi, kemudian IMD, dan terahir tentunya ASI eksklusif.  ASI ekslusif sangat-sangat aku inginkan berhubung ASI ekslusif tidak tercapai ketika anak pertamaku masih menyusu. Dimana kala itu, pengetahuanku soal manajemen ASI eksklusif masih kurang. Dan sekarang lah saat nya saya menebus kekurangan itu, untuk adiknya.

Tidak terasa usia kandungan sudah memasuki minggu ke 35. Sudah mulai terasa tidak nyaman, terutama di daerah vagi** dan selangkangan. Terakhir aku cek ke bidan, bilang bahwa janin udah mulai masuk panggul atas, karena itulah aku merasakan nyeri di sekitar selangkangan dan tulang belakang. Menurut yang aku baca, hal ini merupakan salah satu tanda bahwa persalinan sudah mulai dekat. Sudah bisa menyiapkan semua, mulai dari mental, materi dan barang-barang yang diperlukan untuk persalinan nanti. Fiuuh… ada rasa was-was, karena sudah tau bagaimana rasanya melahirkan secara normal. Dan untuk yang kedua ini, mudah2an dapat melahirkan dengan normal juga. Semoga Tuhan berkenan.

Persiapan menjelang lahiran, juga saya lakukan dengan berolahraga, seperti jalan kaki. Sudah sejak sebulan lalu saya rutin jalan kaki, tiap pagi kalau nggak tiap sore, sesempatnya saja. Di rumah juga aku termasuk aktif, namun jangan sampai terlalu lelah. Selain olahraga, aku juga sudah mulai mencicil persiapan keperluan lainnya, tergantung rejeki hehe. Maklum banyak sekali keperluan. Aku sudah mencicil botol ASIP, keperluan untuk aku, dan keperluan untuk si baby.  Sudah menyusun rencana manajemen ASIP bersama suami juga. Seperti bagaimana cara sterilisasi botol, pemberian ASIP, sampai cara menjaga ASIP ketika freezer dibersihkan. Aku juga sudah mulai merencanakan bagaimana aku memerah ASI ketika aku bekerja nanti, ruangan dan jadwalnya bagaimana, agar tidak mengganggu pekerjaan dan atasan juga tidak memiliki masalah dengan kegiatanku tersebut. Butuh tekad yang besar memang, mudah-mudahan semuanya dipermudah demi anakku.

Semoga semua berjalan lancar, sehat ibu dan bayi.

Leave a Reply

