gabemahita

Import MySQL database ‘No tables found in database’

Posted on: December 28, 2013


Tiga hari sudah aku bergumul dalam keresahan dan kegalauan…hahahh..lebay. Sebulan ini aku mencoba belajar prestashop, itu loh CMS terkenal untuk membuat toko online. (*mudah-mudahan suatu saat impianku untuk memiliki toko online terkabulkan).  Kadang curi2 juga melakukan petualanganku di kantor, ketika senggang. Nah..ribetnya tentu pindah2 update dong dari komputer ku di kantor, ke laptopku di rumah.

Pada akhirnya aku ingin mengupdate database dari kantor ke rumah. Database nya menggunakan MySQL. Data dari kantor ku export dengan spesifikasi ketika INSERT akan cek dulu apakah primary key nya sudah ada atau belum, jika sudah ada maka pakai UPDATE. Hal ini aku lakukan untuk menghindari error duplicate primary key, yang sebelumnya sudah saya alami.

Export file sudah ada, sekarang tiba saatnya untuk import lagi ke database di rumah. Pertama-tama aku CREATE database baru nya. Kemudian dalam database tersebut, aku import file sql. Berhasil sih, tapi ketika aku aku browse tabelnya kok tabelnya tidak ada? Wah…galau lagi dech. Kemudian aku buka file sql nya, ternyata paling atas isinya begini.

sql

Pantesan…jadi dia pakai nama database asalnya. Untuk itu aku masuk ke localhost langsung, dan pilih IMPORT. Import selesai, kemudian nama database yang dicantumkan dalam file sql nya terCREATE begitu indahnya lengkap dengan tabel  yang imut-imut …hahhaha..fiuuh…terjawab sudah. Saya posting ini, karena di luar sana banyak juga yang mengalami. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

