gabemahita

Go go Shiloh..!

Posted on: July 25, 2013


Sudah lama ga update blog ini. Dikarenakan kesibukan di kantor dan di rumah, di samping itu memang susah sekali untuk menuangkan apa yang akan diceritakan. Tidak seperti teman2 yang punya blog lainnya, ide ceritanya ringan tapi penyampaiannya ok punya.

Kali ini aku masih ingin berbagi soal Shiloh, putriku. Setelah melihat banyak perkembangan unik setiap anak, memang tidak jarang aku sebagai orang tua membandingkan anakku dengan anak lainnya. Mungkin anak lainnya yang sudah seumuran Shiloh, Shiloh sekarang 1 tahun 3 bulan, udah lancar jalan, bisa mengucapkan beberapa kata tentu saja bukan hanya vocal lagi yang dikenal, pengucapan kosonanpun udah. Timbul kekhawatiran, kok Shiloh belum jalan ya, bahkan keberanian untuk dilepas berdiri saja dia belum bisa. Shiloh bilang kata yang menyerupai ‘minum’ aja kok belum ya, padahal anak lain sudah bisa mengeluarkan kata yang menyerupai ‘Minum’.

Teringat kembali waktu chatting di fezbuk sama tantenya Shiloh. Dia menyarankan supaya aku banyak ajarin Shiloh ngomong, dan berjalan dan lainnya. Karena tetangga nya yang punya anak yang seumuran Shiloh udah banyak tau seperti yang aku sebutkan di atas. Aku sering kok ajak Shiloh ngobrol, sering ajarkan dia benda2 baru atau kata2 baru. Di lain pihak aku memang sedih, tapi aku juga tidak mau membuat anakku sama dengan anak lainnya. Toh perkembangan tiap anak beda beda. Ada saatnya kok. Seperti kata tetanggaku, anak nya dan juga anak adekknya, jalan pada umur 2 tahun. Kenapa harus khawatir, yang penting anak sehat dan aktif.  Tentu saja aku akan selalu mengajarkan banyak hal pada Shiloh.

ImageYa, boleh saja anak lain sudah bisa jalan, walau Shiloh belum. Cuma pasti ada kelebihan Shiloh disbanding anak itu, entah itu dimananya. Mungkin saja anak lain sudah bisa ucapin bunyi kata mirip ‘Minum’, tapi apakah dia bisa mengerti setiap hal yang orang tuanya ucapin? Seperti Shiloh, ketika dia ngompol, dia langsung teriak memanggil mama atau papanya, dan nunjukin celananya, atau bahkan sudah mengambil celana lain untuk dipakenya dan coba dia pakai sendiri kalau celana basahnya udah dibuka. Hal lain lagi, ‘Shiloh, simpan bajunya ke kamar,nak’, sambil aku tunjuk bajunya yang ada di lantai. Shiloh langsung ambil bajunya dan ditaruh di kamar. Ketika aku ajarkan dia sesuatu,memang kadang dia mengalihkan perhatian, tapi di lain waktu aku sebutin hal yang kuajarkan tadi, dia langsung ngerti. Sekarang, makanpun dia gam au disuapin lagi, maunya dia makan sendiri. Bukankah anakku cerdas? Ya, kembali lagi, tiap anak beda2 perkembangannya.

Ada saatnya anakku tiba waktunya untuk lebih giat belajar jalan dan berani. Ada saat nya dia nanti akan banyak menirukan kata2 yang kuucapin. Anakku banyaknya ngoceh, ngoceh sambil pegang hp atau benda lain yang seolah2 dia buat kayak hp, ditaruh di telingannya, seperti ngomong sama orang di telp. Ya, memang baru begitu, tapi aku yakin, suatu saat kata2 lain selain papa/mama akan keluar dengan lancarnya dari mulutnya. Karena dia memang sudah paham.

Semoga tidak ada sesuatu yang menghambat perkembangannya. Sehat-sehat selalu ya,nak, mama bangga padamu, anakku yang cerdas.

Leave a Reply

