gabemahita

Kisah KPR ku

Posted on: September 28, 2012


Seperti pada postinganku sebelumnya , bahwa KPR ku sudah disetujui, maka di sini aku akan coba cerita bagaimana suka duka nya untuk mendapatkan KPR itu. J

Sudah dua kali kami ngontrak rumah, dan selalu ada ga enaknya. Yang tetangga reselah, yang lingkungannya pengaplah, trutama airnya yang jorok lah. Memang sih salah kami juga tidak mempertimbangkan matang2 sebelum menempati. Aku pun udah capek pindah2. Apalagi anakku sudah berumur 5 bulan, dan tentu kalau anakku sudah semakin tumbuh, akan makin banyak pula kebutuhan kedepannya. Dengan alasan ini lah aku dan suami bertekad untuk ambil rumah aja.

Sejak juli aku dan suami rajin2 hunting perumahan. Akhirnya pilihan kami jatuh kepada rumah yang ada di blok 10 Griya 1 Martubung, tipe 48. Bangunanya menurutku lumayanlah, sudah bata, kamar 2, kamar mandi, dapur sekaligus tempat masak juga wastafel sudah ada, PAM dan listrik sudah masuk. Hanya perlu melanjutkan pembangunan sedikit lagi. Harganya 165 jt, DP 33jt.

Walopun kantong pas-pasan, aku dan suami nekad mengajukan KPR ke BTN, karena developer hanya kerjasama dengan BTN. Kami minta plafon melebihi harga jual. Hehehe, dengan maksud supaya DP ga usah gede2. Kami menyerahkan semua persyaratan menjelang lebaran agustus 2012 kemaren. Sembari aku pun berusaha untuk mengajukan bantuan DP rumah dari Jamsostek, yang akhirnya gagal, karena mungkin kesalahpahaman sistem pengajuan saja yang dinilai meragukan oleh kantorku. Hah..bodo amatlah.

Seminggu kami menyerahkan aplikasi ke BTN, akhrinya kami diundang untuk wawancara. Bapak yang mewawancara orangnya enak, banyak becandanya, Cuma tanya2,tanpa banyak menghakimi. Dan menurutku dia lebih membimbing kami supaya diluluskan KPR nya heheh. Namanya Bpk. Sabar Rotua Nainggolan, yang namanya sempat kami jadikan bahan candaan karena merupakan nama bapak juga mamaku. Hahhaha..lucu juga. Beliau bilang seminggu lagi akan dihubungi.

Tunggu2, ternyata sudah 2 minggu dari yang dijanjikan, akhirnya aku berinisiatif untuk telp Pak Nainggolan. Katanya belum ada orang yang memantau tempat saya bekerja dan beliau akan cuti selama dua minggu, hadeuuh…makin galaulah dalam penantian :d. Akhirnya beliau pun berjanji seminggu lagi akan menghubungiku. Lewat seminggu, ternyata beliaupun menghubungiku dan bilang bahwa KPR kami disetujui 130jt saja sesuai peraturan yang mengatakan bank hanya memberi 80% dari harga appraisal, tapi ga apa2lah. waww…jantungku sepertinya melompat heheh. Padahal bapak itu masih cuti lo hehe. Beliaupun sekaligus mengundang untuk akad kredit rabu minggu depannya. Cepat juga, batinku. J.

Akhirnya tepat tanggal 26 september 2012, kami akad kredit. Proses berjalan lancar. Akhirnya kami resmi jadi pemilik rumah itu, walopun DP blom lunas heheh. Terus terang kami hanya punya sedikit simpanan untuk DP. Sisanya pemberian + pinjaman lunak dari mertua, dari orang tua, juga pinjaman koperasi dari kantor. O mi goat, smua sumber dana dikuras..Untungnya developer memberikan kelonggaran mencicil DP rumah, yang akan kami lunasi paling lambat tanggal 25 oktober nanti. Ya, mudah-mudahan semua sisa DP bisa segera teratasi sesuai dengan perhitunganku.

Perkiraan paling lambat pertengahan oktober kami sudah bisa menempati rumah itu. Sementara menunggu, rumah masih dilanjutkan pembangunannya. Trimakasih Tuhan. J. Tinggal berusaha untuk lancar kreditnya nih, sekalian usahanya si abang. O iya, satu lagi, rumah kami nantinya akan kosong, karena kami memang belum punya perabotan heheh. Everything will find its way lah :d.

 

 

 

1 Response to "Kisah KPR ku"

jika perlu kredit tanpa agunan dari danamon, hubungi kita ya pak, hanya dengan photo copy pk kpr

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: