gabemahita

KTP dan KK akhirnya di tangan

Posted on: December 14, 2011


Postinganku sebelumnya soal susahnya mengurus KTP, sekarang sudah membuahkan hasil.Yang ternyata bisa selesai di luar perkiraanku. Yang awalnya katanya 6 bulan,berkat usaha giatku, berhasil diselesaikan selama sebulan lebih. Senangnya hati ini..hihih…

Aku bilang berkat usahaku hanyalah karena niatku untuk terus mendatangi kelurahan, kecamatan, dan catatan sipil.

Berawal dari ketidaksabaran menungu selesainya KTP klo tidak melakukan tindakan apapun, aku dan suami bertekad mendatangi kepling. Dengan segala basa basi betapa perlunya KTP itu, kami pun disarankan mendatangi kelurahan, untuk menanyakan status pengurusan KTP itu. Karena sudah sore, besoknya kami pun berangkat ke kelurahan. Dengan berdalih yang sama dengan yang aku katakan di kepling, kelurahan akhirnya menyarankan kami ke kecamatan. Karena katanya semua berkas sudah diserahkan ke kecamatanan. Hari itu juga, kami berangkat ke kecamatan, kebetulan kantor kecamatan tidak jauh dari kelurahan.

Hasil percakapan dikecamatan akhrnya membuat kami memaklumi secara tidak wajar bahwa kepengurusan KTP bisa memakan waktu lama. Kenapa tidak,sodara-sodara, pihak kecamatan mengatakan, berkasnya masih dikumpulin, dan belum tau kapan akan diserahkan ke catatan sipil, karena bermaksud untuk diserahkan secara kolektif. Whaat…?  Hal itu membuatku geleng2 kepala. O mi goat..ini orang kerjaannya apa sih, masa pengajuan KTP yang udah lewat sebulan ditahan2 bgitu karena alasan kolektif. Jadi, klo misalnya belum cukup jumlah kolektifnya, bisa aja sampe memakan waktu berbulan2 berkas2 nya ditumpuk begitu saja tanpa ada tindakan dong ya…ampun dah..pak pak..

Akhirnya si bapak kecamatan menyerahkan berkas kami,supaya bisa urus sendiri ke catatan sipil. Ya udah, kami ambil dong, ngapain nungguin orang yg kerjaanya ga jelas. Besoknya, suami ku pun ke catatan sipil, dan menyerahkan semua berkas. Ternyata catatan sipil bilang, mereka hanya berwenang untuk membuatkan KK, kalau sudah selesai , baru ke kecamatan bawa surat pengajuan KTP, ke kecamatan. Ok dech..4 hari kemudian, KK selesai, tanpa membayar apapun.

Akhirnya surat pengajuan KTP kami serahkan ke kecamatan lagi, untungnya bukan berurusan sama bapak yg kerjaannya ga jelas itu lagi. Besoknya, KTP sudah ditangan, dan tanpa bayar apapun lagi. Senangnya hati ini, bukan lebay bukan alay, pengerusan KTP ini memang membuat pikiran ga tenang, belom soal kemungkinan ada penamhan uang administrasi yang ga jelas lagi, dan ketidakjelasan kapan selesainya klo kami tidak berinisiatif langsung tanya status kepengurusan KTP kami..hufft…sekarang, sudah bisa tenang, tinggal urus SIM suami nih..🙂. duit lagi..duit lagi…semoga lancar dah..:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: