gabemahita

Pak Lurah, tolong beri kemudahan ngurus KTP dong!!!

Posted on: November 7, 2011


Sedang stuck ngerjain tugas kantor. Perasaan sebelumnya aku sudah berhasil melakukan perhitungan itu, tapi kok sekarang jadi ga bisa ya? *Sigh..

Update blog dulu, curhat dulu, melampiaskan uneg-uneg dulu..huh..Disamping tugas kantor yg aneh, sekarang tiba2 ingat soal pengurusan KTP yang aku pikir ‘abadi’. Maksudnya aku pesimis akan selesai dengan cepat dan mudah sejauh ini. Sejauh ini …ya, sudah ada kira-kira 2 bulan aku dan suami mengurus menyerahkan segala permohonan pembuatan KTP di daerah Lorong Jaya, Mabar, Medan. Yang semua prosesnya sungguh-sungguh membuat hati kesal, sakit hati, makan ati, dan membutuhkan kesabaran ekstra.

Ceritanya begini, awalnya kami memang blum akan pasti untuk tinggal di medan, oleh karna itulah belum mengurus segala surat pindah. Setelah tinggal di medan, kami mendatangi lurah setempat untuk mengajukan permohonan pembuatan KTP. Lurah tersebut bilang syaratnya harus ada surat nikah, surat pindah dari kepala desa, dari catatan sipil dan dari camat. Dan tebak harganya berapa, sodara-sodara setanah air …? Rp. 400.000 dan memakan waktu selama 6 bulan katanya….whattttsss..What tthe hell….. Bayangin, betapa berbelit-belitnya untuk mengurus surat pindah doang. Dari sini aku sudah wanti-wanti kedepannya bakal akan lebih sangat membuat hati panas……dan emang betul juga.

Setelah semua surat sudah ada di tangan (semua surat pindah itu mesti dikirim dari sidimpuan dan tarutung dimana asal kami sebelumnya), kami pun mendatangi kepling (ketua lingkungan ato kepala lingkungan..whatever lah), dan menyerahkan semua persyaratan. Kali ini kami minta bantuan kenalan yang kerja di polisi militer,sampai sekarang kami sudah memberikan uang Rp. 300.000 untuk itu dan akan ditambah lagi Rp.100.000 nantinya. OMG…tidak beda dengan uang utnuk menurus KTP dengan istilah ‘nembak’😦. Dan hei…belum pasti kapan KTP dan KK nya keluar.

Selagi menunggu KTP yang entah kapan selesainya, kami pun minta dibuatkan resi, yang nantinya diharapkan dapat mempermudah mengurus segala sesuatu yang penting untuk  administrasi di pemerintahan yang aku berharap tidak pernah berurusan dengan administrasi pemerintahan geje.. huh.. Untuk resi dibutuhkan uang Rp. 20.000 lagi,temanns..mantap kan..? dan itu perlu waktu 3 hari lah kira2.

Katanya sih, KK akan keluar secepatnya….tapi sudah hampir 2 minggu KK tidak ada kabar euyy…cape rasanya hati dan pikiran, jiwa dan raga berurusan dengan antek2 kepling, lurah, camat ini. Hanya ngetik, ngeprint,tanda tangan perlu waktu berabad-abad dan perlu uang yang ga sedikit..Warga sudah baik mau mngurus kewajibannya malah prosedur dan biaya yang  mahalnya sampai ke ke langit ke tujuh..bukan lebay ..emang betul kok. Bahkan aku pernah baca dan denger (emang sih ga di undang2) mestinya gratis ato cuma bayar ga lebih dari Rp. 100.000…apa buktinya…begini nih..

Aku jadi mikir, gimana ya dengan warga yang keuanganya terbatas ? Apa mereka tetap ngurus KTP? ato pasrah saja ga punya KTP? karena biaya yang ga sedikit, serta syarat yang berbelit-belit? Sedangkan aku saja sudah merasa dicekek.  Gimana negara ini bisa maju klo pengurus pemerintahannya saja kerjanya lamban kayak siput..? Di otak nya mungkin cuma ada duit..ya maklum sih, gaji juga dikit..tapi heii..knapa mau kerja di bagian itu? ya ga? ga usah dech mempelorotin warga, moral Anda jadi rusak.  aduh..maaf ya, mungkin banyak yang akan tidak setuju dengan kata2 kasarku, tapi aku pikir banyak juga kok yang sepikiran denganku.

Well…akhirnya, ini hanya keluhan dari saya sebagai salah satu warga yang ingin sistem pemerintahan maju dan prosesnya cepat serta memberi kemudahan bagi warganya. Hope So..😦

1 Response to "Pak Lurah, tolong beri kemudahan ngurus KTP dong!!!"

[…] Postinganku sebelumnya soal susahnya mengurus KTP, sekarang sudah membuahkan hasil.Yang ternyata bisa selesai di luar perkiraanku. Yang awalnya […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: