gabemahita

Toolset-ku Tersayang

Posted on: February 7, 2011


Hehehehe..hihihihi.๐Ÿ™‚๐Ÿ˜€๐Ÿ™‚๐Ÿ˜€๐Ÿ˜ฏ .Aduh aduh..jadi ngerasa geli sendiri.

Akhirnya aku memutuskan menulis 1 postingan soal kegiatanku sehari-hari, dari senen sampai jumat, Programming. Kegiatan di kantor tercinta nan damai sejahtera *semogaterkabul. Setiap hari hanya diperhadapkan dengan yang namanya Allfusion CA Gen. Temen-temen IT jarang sekali yang tau soal tools ini. CA Gen banyak dipake di luar negeri. Infonya juga ga banyak ditemukan, karena merupakan produk komersil. Biaya pemakaiannya juga mahal bo..so, jarang sekali orang tau, apalagi di negara kita.

CA Gen, adalah tool yang handal. Dan penggunaannya memperkecil memungkinkan programmer untuk melakukan kesalahan dalam programming. Mulai dari analisis data model sampai programming, semuanya dibangun dalam aplikasi ini. Tidak seperti aplikasi programming lainnya, yang memisahkan pemodelan data dengan platform programming-nya. Karena, data model berada dalam aplikasi yang sama dengan code, maka hal ini membuat CA Gen mudah dan handal dalam retrieval data. Generate database/DDL nya langsung dari CA Gen nya sendiri.

Programming CA Gen yang paling sederhana, dimulai dari menyiapkan yang namanya procedure step (mungkin bisa diibaratkan sebagai Windows Form Aapplication dalam VB). Procedure step ini terbagi dua, client dan server (kalau menggunakan aplikasi lain mis: java sebagai front end-nya, client tidak perlu dibuat). Nah code nantinya akan diracik dalam procedure step ini. Tidak perlu susah-susah ngetik, hanya bermodalkan mouse, klik klak klik klak, coding jadi dech๐Ÿ˜€. Contoh screen nya begini nih.

Screen Toolset CA Gen

Nah contoh code misal untuk SET value, bisa klik statement Set dulu dari Command Statement seperti gambar di atas, kemudian klik dalamย procedure step tersebut. Selanjutnya, sebuah window akan muncul, dan tinggal set parameter penampung beserta value nya. Jadi dech line Set kita๐Ÿ˜€.

Nah untuk passing parameter sudah dibagi juga, diantaranya export, import view seperti gambar tersebut. Nah nilai-nilai ini bisa dikirim ke berbagai procedure step menggunakan yang namanya Action Block, sebut saja fungsi. See, dalam gambar ada statement Which Import, nah di situ lah kita dapat mengirimkan value.๐Ÿ™‚. Gampang kan…๐Ÿ˜€.

Huufftt.. itu dulu ya, masih banyak lagi lo. Aku cuma bisa kasih tau dikit, ntar kebanyakan, takut salah hihihihihi.

Begitulah kerjaanku tiap hari,teman. Kadang jenuh juga mandangin screen laptop, dan beradu dengan logika๐Ÿ™„ . Mudah-mudahan ga ada error, semua akan berjalan lancar..car..car๐Ÿ˜‰ .

20 Responses to "Toolset-ku Tersayang"

aduh, mau muntah bacanya. ada yg lebih sederhana ga?๐Ÿ˜€

hahahhahah…aku yg posting juga mo muntah *sickofprogramming๐Ÿ™„

Alamaaaak. CA-GEN, mengingatkanku pada masa2 itu, …

hahhahahhaha…kenangaan indah ato sebaliknya ,den?๐Ÿ˜€

End Date nya itu harusnya sekarang Kak wkwkwkwkw

hahahhahhaa..itu end datenya biar dia everlasting tau๐Ÿ˜€

numpang ngiklan,….
pokoknya aku cinta CA-GEN kak, wakakakakakkakakak

hahahhah,…mantap, mestinya gini dong anggota CA Gen. cc. kak dolly๐Ÿ˜€. biar die seneng

Hadeuh, aku agak sepet bacanya. tapi bolehlah, lumayan buat ngebantu ngejelasin kalo pas interview dan ditanya CA-Gen itu program apa??? nggak terkenal banged, sih, di Indonesia…๐Ÿ˜›

hahhahha… cc : kak dolly ahh…
tapi kan jago,gi..bisa kerja d luar negeri :p (baca : kastam hahahaha)

ckckckck.. segitu cintanya sama GEN kak handa… *geleng-geleng kepala*

hihihi..ini novi imut ya๐Ÿ˜›. ?
ya apa boleh buat, saat ini kan, hidupku bergantung sama CA gen .๐Ÿ˜€

kakak handa neh cocok jadi guru, penjelasannya begitu mudah di mengerti..๐Ÿ˜€
bener kata anggi,lumayan juga buat tambah2 ilmu interview.. hohoho..๐Ÿ˜€
dilarang protes apalagi marah kak, kita di gaji dari CA GEN loh.. hahaha..๐Ÿ˜€
hidup CA GEN.. hidup CA GEN..๐Ÿ™‚

ika, hahhahha…aku turut senang kalau yang membaca postingan ini bisa lbh memahami dasar ca gen. Doakan aku aku makin pinter dan bisa bagi lebih banyak lagi. Tapi klo ngebahas CA Gen lain kali, kyknya masih perlu dipertimbangkan lagi hehhehe. Smoga interview nya sukses yahh..hahhhha

hahahhaa.. nanti pas interview..?? CA GEN itu apa yah..??
trus hmm.. saya baru tau..๐Ÿ˜€
bingung deh tuh jawab apa..๐Ÿ˜€

hehehhehe…ya jawab aja dengan polosnya sesuai pengalamanmu…aku klik klak klik klak aja, programnya udah jadi..gitu๐Ÿ˜€

OR…OR…ini kenapa dari 2009 sampe sekarang belom selese wkwkwk

hahahahah…maaf,mba. soalnya sfd nya ga jelas..kayak ga ngerti aja๐Ÿ˜›. Kan mba sndiri yg bilang, sfd geje, kita ya main aja…:D

Haduuhh..keren bangett sih kak bisa bikin kayak gitu…hehe
wah hebat..emang programmer CA GEN handa eh handaL inih sepertinya๐Ÿ˜•
betull juga kata Ika…mudah dipahami ne..postingannya kakak. Jadi dosen aja gihh…

hahhahhaha..kalian itu ngece…:P. tapi makasih lah ya.๐Ÿ™‚.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: